Penanganan Burung Macet Bunyi
Perawatan

Cara Ampuh Menangani Burung yang Macet Bunyi Berdasarkan Pengalaman

Cara ampuh menangani burung yang macet bunyi berdasarkan pengalaman – Selamat datang kembali di website kami. Pada kesempatan kali ini, pembahasan akan mengupas secara khusus mengenai penyebab serta cara menangani burung macet bunyi.

Memiliki burung yang macet bunyi memang membuat stres dan galau sendiri bagi pemiliknya, padahal jika mengetahui rahasia serta teknik penangannya, maka masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Cara yang kami himpun berdasarkan pengalaman para ahli ini terbukti membawa hasil yang positif dan mampu mengembalikan peforma burung seperti sedia kala.

Namun sebelum membedah metode taktis ini, baiknya kita mengenal terlebih dahulu faktor-faktor penyebab burung menjadi macet bunyi. Dengan demikian, kita bisa mengantisipasi dan menemukan solusi paling ampuh untuk mengatasinya.

Faktor Penyebab Burung Macet Bunyi

Penanganan Burung Macet Bunyi

Penanganan Burung Macet Bunyi

Masalah macet bunyi pada burung kita cebderung disebabkan oleh kondisi burung yang sedang stres, sedangkan pemicu stres tersebut bisa datang dari mana saja semisal burung ketakutan pada benda asing di sangkarnya, burung pernah jatuh, atau kalah bertannding.

Untuk itulah mari kita ulas satu per satu faktor-faktor pemicu burung jadi macet bunyi, berikut ini analisanya.

1. Burung kaget atau pernah jatuh

Burung bisa saja kaget dengan suara binatang yang terdengar keras seperti gonggongan anjing atau suara-suara keras lainnya yang berasal dari luar. Selain itu masuknya binatang asing seperti laba-laba, serangga, atau kawanan semut juga bisa menimbulkan ketakutan pada burung.

Demikian pula burung yang pernah jatuh biasanya akan menampakkan perilaku seperti burung yang sedang stres dan lambat laun tidak mau berbunyi.

Hal tersebut bisa saja dikarenakan burung kaget atau mengalami luka pada tubuhnya. Maka jika burung tidak sengaja terjatuh, segera periksa bagian tubuhnya untuk mengamati ada luka atau tidak.

Jika memang burung mengalami luka, tentu Anda bisa segera mengambil tindakan perawatan agar burung bisa segera pulih.

2. Perawatannya kurang tepat

Burung yang pindah atau ganti pemilik biasanya mengalami stres yang memicu macet bunyi. Hal tersebut wajar, sebab pola perawatan harian dan pemberian pakan antara pemilik satu dengan yang lain bisa berbeda.

Contohnya, biasanya burung dimanjakan oleh pemilik pertama dengan pemberian porsi jangkrik 5 ekor di pagi hari dan 5 ekor di sore hari.

Setelah pindah tuan, burung hanya diberi porsi jangkrik masing-masing 2 ekor pada pagi dan sore hari. Tentu hal tersebut sangat mempengaruhi kualitas kicauan sang burung.

Maka sebelum membawa pulang burung yang baru Anda beli, ada baiknya menanyakan seputar perawatan harian seperti mandi dan jemur, serta porsi pakan yang biasa diberikan.

3. Penempatan Burung

Penempatan snagkar burung sangat berpengaruh dalam hal perawatan burung kicauan, terlebih lagi jika Anda punya sejumlah koleksi burung dengan sifat fighternya.

Usahakan menempatkan mereka di ruangan yang terpisah, saat menjemur pun jangan meletakkan sangkarnya secraa berhadap-hadapan.

4. Burung sedang mabung / Ganti Bulu

Burung yang sedang memasuki masa mabung atau ganti bulu biasanya akan menunjukkan tabiat yang lebih sering diam baik secara gerakan fisik maupun suaranya. Hal tersebut wajar adanya. solusinya sabar tunggu sampai bulu burung tumbuh kembali dan berikan makanan yang berkualitas.

5. Bisa jadi Burung sedang sakit

Demikian halnya jika burung sedang sakit, tentu tidak ada mood untuk berkicau. Oleh sebab itulah Anda harus rajin-rajin mengecek kesehatan serta perilaku sang burung agar ketika burung sakit, Anda bisa segera memberi pengobatan.

6. Faktor kebersihan kandang

Faktor kebersihan kandang juga perlu untuk dibersihakan, pasalnya kebanyakan burung merasa kurang nyaman jika kandang yang ditempati terlihat kotor dan bau.

Ukuran kandang yang terlalu kecil juga sebaiknya segera diganti agar burung lebih leluasa dalam bergerak, demikian juga dengan tangkringan yang kurang sesuai dengan kaki burung, sebaiknya dipilihkan bahan yang permukaannya lebih halus.

7. Burung pernah trauma

Memegang burung dengan cara yang kurang tepat bisa membuat burung menjadi trauma, hal yang sama terjadi pula pada burung yang kerap dibawa perjalanan jauh.

Jenis burung yang kerap mengalami masalah trauma ini adalah cucak ijo dan anis merah. Lalu bagaimana cara menangani burung macet bunyi? Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Cara Ampuh Menangani Burung yang Macet Bunyi

JIka anda sudah menemukan penyebab kenapa burung yang anda pelihara macet bunyi anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini, :

1. Berikan porsi tambahan untuk jangkrik dan krotonya

Salah satu cara yang biasa digunakan para master untuk menangani burung macet bunyi adalah dengan menambah porsi jangkrik serta krotonya.

Penambahan porsi ini maksudnya, sebaiknya makanan pokok dari sang burung diganti saja dengan jangkrik atau kroto hingga kondisi burung membaik atau ada peningkatan dalam peformanya.

2. Berikan ulat hongkong

Alternatif lainnya yang lebih bagus dari jangkrik dan kroto adalah ulat hongkong. Kami pernah membuktikan sendiri dengan memberikan ulat hongkong tersebut pada burung bakalan yang belum mau bunyi. Hasilnya, burung jadi lebih rajin berkicau.

Jika burung Anda telah kembali peformanya, maka kembalikan porsi makannya seperti sedia kala sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk membiasakan perawatan harian yang baik dan teratur.

3. Titipkan burung di rumah kerabat

Solusi selajutnya dalam mengangani burung macet bunyi adalah dengan menitipkannya di rumah tetangga, saudar, atau kerabat yang Anda kenal baik.

Bisa jadi burung mengalami macet bunyi karena faktor bosan dengan lingkungannya sehari-hari.

Kesimpulan

Mengenal faktor penyebab burung menjadi macet bunyi sangatlah penting sehingga kita bisa memberikan penanganan yang tepat pula untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Bagaimana menurut Anda? Adakah masukan berupa solusi mengangani burung macet bunyi yang lain? Silahkan tuliskan di kolom komentar untuk melengkapi artikel ini.

Terima kasih atas kunjungannya, salam kicau mania!

 

2 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Cara Ampuh Menangani Burung yang Macet Bunyi Berdasarkan Pengalaman
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas