suara masteran burung kacer
Kacer

Cara Agar Suara Burung Kacer Bisa Lebih Keras

Cara agar suara burung kacer bisa lebih keras – Memiliki kacer bersuara lantang serta bervariasi tentu menjadi dambaan bagi pemiliknya.

Namun yang perlu dipahami adalah, kualitas suara dari seekor burung, termasuk pula kacer- tidak hanya disebabkan oleh faktor perawatan sehari-hari, namun juga mewarisi sifat genetik dari indukannya.

meningkatkan volume kacer

meningkatkan volume kacer – sumber: burungkicau.info

Yang masuk dalam faktor perawatan sehari-hari adalah: pemberian pakan, perawatan mandi dan jemur, kebersihan kandang, metode pemasteran, dan juga kondisi kesehatan sang burung.

Jika faktor perawatan harian serta pemberian pakan tidak sesuai atau dilakukan sembarangan, maka bisa saja menjadi pemicu rendahnya volume suara burung kacer.

Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan disimak cara meningkatkan volume suara kacer berikut ini.

1. Jaga Kebersihan Sangkarnya

Sangakar yang bersih serta terawat tidak hanya memberi kenyamanan pada kacer, namun juga membuat sang burung terbebas dari serangan parasit atau jamur yang bisa mengganggu kesehatannya.

Usahakan melakukan bersih-bersih sangkar setiap hari, bisa saat kacer sedang mandi pagi, atau saat akan dimasukkan rumah untuk beristirahat di sore hari. Demikian pula untuk kebersihan alat makan serta minumnya, harus benar-benar bersih dan tidak ditumbuhi lumut.

Jika air minum di dalam cepuk terlihat kotor, lebih baik segera diganti dengan yang baru saja. Kondisi fisik burung yang sehat dan prima tentu akan berpengaruhn pada volume suaranya.

2. Jaga Ketersediaan Pakannya

Agar dapat bersuara secara lantang, burung kacer haruslah mendapat pakan tambahan secara rutin setiap hari. Jenis pakan tambahan yang baik diberikan untuk kacer adalah: ulat hongkong, jangkrik, belalang, dan juga kepompong.

Berikan pakan tambahan tersebut sesuai dengan kebutuhan sang burung, tidak berlebihan, namun tidak terlalu sedikit apalagi terlambat.

Sedangkan untuk voernya, Anda harus memberikan secara tepat dan berhati-hati.

Biasanya kacer yang berpindah kepemilikan, akan berganti pula jenis voer yang diberikan. Padahal tindakan tersebut bisa mempengaruhi kualitas suara dari sang burung.

Jika menurut Anda voer baru yang Anda berikan adalah yang terbaik, maka gantilah pakan tersebut secara bertahap.

Caranya, campurkan voer lama dengan voer baru, yang komposisinya diperbarui tiap minggu. Contohnya, yang awalnya 4 : 1, 3 : 2, menjadi 2 : 3, 1 : 4, hingga genap sang kacer bisa menerima voer baru.

Voer yang sudah dibuka kemasannya juga baiknya disimpan di area yang kering dan tidak terkena panas secara langsung agar tidak mudah rusak atau terserang jamur.

3. Lakukan Terapi Pengumbaran

kacer dalamkandang umbaran

Kacer dalam kandang umbaran – sumber: paburung.club

Terapi pengumbaran dilakukan untuk melatih stamina serta daya tahan tubuh kecer. Semakin baik staminanya, maka semakin mudah untuk meningkatkan suara kacer. Lakukan terapi pengumbaran ini secara rutin selama 2 – 3 kali dalam satu minggu, lakukan saat kacer hendak dijemur.

4. Lakukan Terapi Pengembunan

Terapi pengembunan dipercaya dapat meningkatkan volume suara kacer. Lakukan pengembunan sambil terus diamati dan ditempatkan di tempat yang terjamin keamanannya.

Saat melakukan pengembuanan ini, beri kacer dengan sajian pakan berupa kroto segar sebanyak satu sendok teh.

5. Terapi Penjemuran

Durasi penjemuran yang ideal untuk burung kacer adalah 1,5 – 2 jam. Lakukan penjemuran di pagi hari, dimulai dari saat matahari sudah terbit dan diakhiri saat matahari sudah agak hangat atau sekitar pukul 09:30.

6. Letakkan Kacer di Tempat yang Sejuk

Selepas dijemur, pindahkan burung kacer ke tempat yang lebih sejuk dan berangin. Jangan menggantang sangkar kacer di tempat yang terlalu panas.

Jika kondisi cuaca tidak memungkinkan, simpan saja burung di dalam rumah atau tutup sangkarnya menggunakan kerodong.

7. Berikan Pengobatan atau gurah pada kacer

Metode gurah pada kacer biasanya dilakukan oleh kacer mania yang sudah berpengalaman. Tujuannya adalah untuk membersihkan lendir atau kotoran yang menyumbat saluran pernapasannya.

Namun teknik gurah ini sudah jarang dilakukan oleh para kicau mania karena sangat beresiko.

Alternatifnya, Anda dapat memberikan obat khusus burung yang tersedia di toko-toko burung untuk melancarkan organ pernapasannya.

Adapun beberapa faktor yang menjadi penyebab suara kacer kurang maksimal antara lain:

  • Burung sedang mengalami gangguan atau infeksi pada tenggorokan atau saluran pernapasannya
  • Burung jarang mendapat pakan tambahan yang bervariasi, atau voer yang diberikan terlalu kering
  • Burung kurang bertenaga karena jarang dilatih atau diberi vitamin
  • Terapi penjemuran yang dilakukan terlalu berlebihan
  • Burung sering diletakkan pada tempat yang terlalu panas, semisal di bawah atap seng, atau digantung pada tiang kerekan sejak pagi hingga sore hari.

Kesimpulan

Untuk meningkatkan volume suara kacer Anda dapat melakukan beberapa tips yang telah kami sebutkan diatas. Jika terapi serta perawatan sudah Anda lakukan dengan baik namun kondisi kacer tetap sama, maka kesimpulannya adalah burung kacer milik Anda memiliki gen keturunan yang  kurang baik.

Terima kasih atas kunjungannya, jika ada yang belum jelas silahkan di tanyakan di kolom komentar. Jangan lupa untuk mem-follow facebook kami untuk mendapatkan info menarik lainnya seputar burung kicauan.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Cara Agar Suara Burung Kacer Bisa Lebih Keras
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas