Beragam Keunggulan Murai Hutan yang Dipercaya oleh Kicau Mania

Gambar murai hutan sumber : arinaturephotography

Beragam keunggulan murai hutan yang dipercaya oleh kicau mania – Kembali lagi di burungpedia.com, tempat dimana Anda dapat memperoleh artikel inspiratif seputar burung kicauan.

Masih dalam pembahasan mengenai murai hutan (memang jika membahas burung murai jenis ini tidak akan ada habisnya).

Kali ini kita akan membedah seputar kelebihan murai hutan yang membuat para kicau mania antri untuk mendapatkannya.

Beragam Kelebihan Murai Hutan yang Dipercaya oleh Kicau Mania

Jika membandingkan masalah harga atau variasi suara, semua tentu sudah paham bahwa murai hutan lebih unggul dari pada murai batu tangkaran.

Gambar murai hutan sumber : arinaturephotography

Karena itulah, kita tidak perlu membahasnya secara dalam lagi, langsung saja, inilah beberapa kelebihan murai hutan yang mungkin saja belum Anda ketahui.

1. Unggul dalam hal stamina dan sifat fighternya

Karena hampir seperuh hidupnya dihabiskan di alam liar, dan setiap hari terbang bebas menjelajah area hutan yang luas, maka dalam hal stamina sudah dipastikan bahwa murai hutan lebih tangguh dibandingkan murai tangkaran yang hidup dalam sangkar semata.

  Begini Cara Agar Ekor Murai Batu Bisa Lebih Panjang

Demikian pula dengan sifat fighternya yang juga lebih dominan karena sudah terbiasa berebut wilayah kekuasaan dengan lawannya.

2. Unggul dalam hal kekebalan tubuh

Selain staminanya yang lebih prima, bisa dikatakan murai tangkapan hutan memiliki kekebalan tubuh yang tidak kalah bagusnya.

Meskipun murai batu hasil tangkaran rajin diberikan asupan vitamin dan suplemen, namun jangan salah, murai hutan pun memiliki kesadaran untuk mencukupi kebutuhan vitamin bagi tubuhnya.

Aneka vitamin serta nutrisi penting lainnya biasa didapat secara alami dari makanan sehari-harinya di hutan.

Maka tidak berlebihan jika dikatakan sistem kekebalan tubuh murai hutan lebih baik dibandingkan dengan murai hasil tangkaran.

3. Unggul dalam varian suara

Di alam bebas tentu jumlah serta jenis burung yang ditemui oleh murai hutan lebih banyak jumlahnya di banding dengan murai yang dikurung di dalam sangkar.

Otomatis, suara murai hutan dikenal lebih bervarisi dari pada yang berasal dari penangkaran. Bukankah semakin banyak suara yang didengarkan, maka semakin variatif pula suara isian dari sang murai?

  Panduan Memilih Murai Batu Bakalan Lengkap

Kesimpulan

Dari sekian banyak kelebihan burung murai hutan, tidak heran jika murai hutan masih digandrungi oleh kicau mania. Meskipun dalam perawatannya, murai hutan cenderung lebih sulit dan lebih lama dibentuknya.

Belum lagi masalah macet bunyi yang sering dialami oleh murai hutan ini akibat proses adaptasi yang kurang, disamping itu, murai hutan dikenal suka bikin stres pemiliknya karena banyak yang mengalami kematian  mendadak.

Tapi begitu Anda berhasil menaklukkannya, maka murai hutan tersebut bisa menjadi andalan dalam setiap lomba gantangan yang diikutinya.

Pada akhirnya, baik itu murai hutan atau murai hasil tangkaran memiliki keunggulan masing-masing. Tinggal bagimana cara kita merawatnya untuk dijadikan burung yang gacor.

1 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.