cara agar ekor murai batu panjang
Murai batu

Begini Cara Agar Ekor Murai Batu Bisa Lebih Panjang

Begini cara agar ekor murai batu bisa lebih panjang – Ekor murai batu yang panjang menjuntai dan tampak indah seringkali menjadi idaman para pemain burung bersuara merdu ini.

Bagaimana tidak, panjang ekor murai ditengarai sebagai tanda bahwa burung tersebut memiliki kicauan yang mantap serta lebih bertenaga.

Tidak mengherankan pula jika ekor panjang murai batu ini termasuk dalam bahan penilaian saat burung diikutkan kontes.

Padahal jika kita amati bersama, panjang ekor burung murai sangat bervariasi tergantung dari faktor genetik serta rasnya masing-masing.

cara agar ekor murai batu panjang

murai batu ekor panjang – sumber: jalaksuren.net

Ketika masa mabung sang burung telah usai, maka secara alami murai batu akan memulai proses dorong ekor. Ketika itulah perawatan ekor yang tepat perlu dilakukan.

Sebab jika salah sedikit saja, maka ekor bisa menjadi rusak, nyerit, bahkan panjangnya berkurang jika dibandingkan dengan ekor sebelumnya.

Tentu hal tersebut tidak Anda harapkan, maka silahkan pelajari cara agar ekor murai batu lebih panjang seperti yang akan kami tuturkan berikut ini.

Cara Agar Ekor Murai Batu Lebih Panjang

Pertumbuhan bulu ekor pada burung murai yang telah rampung masa mabungnya terjadi secraa bertahap. Pertumbuhan serta panjang ekor baru dapat mencapai batas tertentu atau sesuai dengan faktor genetiknya.

Namun, kualitas perawatan burung selama masa mabung tersebut juga turut andil dalam masalah “panjang ekor murai ini”.

Nah, agar tidak salah langkah, inilah cara agar ekor murai batu lebih panjang.

1. Perhatikan pakannya

Pemberian pakan berupa extra fooding selama masa mabung sangat perlu untuk diperhatikan. Para pemilik murai batu yang menjalani dorong ekor biasanya memberikan 4 – 5 ekor jangkrik pada pagi dan sore hari.

Selain jangkrik, kroto segar sebanyak 1 cepuk juga wajib diberikan setidaknya 2 – 3 kali dalam satu minggu. Namun jika persediaan kroto Anda cukup banyak, maka tidak masalah untuk memberikannya setiap pagi.

Pemberian extra fooding ini akan mempengaruhi pertumbuhan bulu-bulu ekor burung murai, sehingga ekornya dapat tumbuh dengan maksimal.

2. Pemandian dan penjemuran yang benar

Cara agar ekor murai batu lebih panjang selanjutnya adalah dengan memandikan sang burung di dalam keramba, namun Anda tetap harus menyediakan bak mandi di dalam sangkarnya.

Dalam hal penjemuran, tidak perlu dilakukan secara rutin setiap hari. Cukup dijemur beberapa kali dalam satu minggu.

Jemurlah burung murai batu yang sedang dorong ekor pada pagi hari setelah matahari terbit, kurang lebih selama 15 menit.

Letakkan snagkarnya di tempat yang sejuk, serta dijauhkan dari burung lainnya yang berkarakter fighter. Alternatif lainnya bisa dilakukan dengan memberikan terapi full kerodong agar burung merasa lebih nyaman.

3. Perhatikan kebersihan kandanganya

Untuk menjaga kesehatan bulu yang baru tumbuh dan mencegah tumbuhnya tungau atau parasit, Anda wajib membersihkan sangkar secara teratur pada pagi dan sore hari.

Kesimpulan

Pemberian pakan berupa extra fooding, perawatan harian yang baik dan benar, serta kebersihan kandang merupakan cara agar ekor murai batu lebih panjang.

Silahkan dipraktekkan bersama dengan pemberian multivitamin atau suplemen untuk mendukung proses dorong ekor burung muraui.

Dengan demikian, bulu ekor murai akan tumbuh lebih panjang, lentur, kuat, berkilau, dan tidak mudah rusak.

0 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Begini Cara Agar Ekor Murai Batu Bisa Lebih Panjang
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas