Kenari

Beberapa Manfaat Daun Dewa Bagi Burung Kenari

Pada dasarnya, burung menyukai makanan biji-bijian atau serangga. Walaupun demikian, ada kalanya burung diberi makanan daun. Walaupun demikian, tidak semua daun dapat dijadikan makanan bagi burung. Ada yang burung tidak suka, ada juga yang justru malah mendatangkan bahaya bagi burung. Salah satu daun yang bisa diberikan makan untuk burung kenari adalah daun dewa. Daun dewa memiliki berbagai macam manfaat yang besar bagi para burung, terutama burung kenari. Selengkapnya, silahkan simak di bawah ini.

Kegunaan Daun Dewa Bagi Para Burung, Khususnya Burung Kenari
Di samping penggunaan biji atau serangga untuk makanan burung kenari, daun hijau juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan makanan tambahan untuk burung kenari. Di antara daun hijau yang dapat dimanfaatkan sebagai ekstra fooding adalah sawi, selada, atau daun dewa. Daun dewa ini dibuktikan manfaatnya untuk mengobati penyakit-penyakit manusia.

Daun ini juga banyak dimanfaatkan untuk makanan burung. Tanaman daun dewa dapat tumbuh tinggi kira-kira 30 cm sampai 40 cm. Daun dewa berbentuk lonjong dan memiliki daging. Daun dewa memiliki panjang kira-kira 20 cm, lebar kurang lebih 10 cm, warnanya adalah hijau keungu-unguan. Daun ini memiliki ujung yang lancip, dan memiliki toreh di tepi. Tanaman daun dewa dapat tumbuh di tempat antara 200 sampai 800 m dpl.

Bagi manusia, daun dewa dapat mengobati stroke, penyakit jantung, diabetes, rematik, luka, tekanan darah tinggi, dan berbagai macam penyakit lainnya. Bagi burung-burung pemakan biji termasuk kenari, daun dewa juga memiliki manfaat yang cukup banyak. Bagi burung kenari, manfaat daun dewa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengeraskan volume kicauan
  • Meningkatkan intensitas kicau
  • Menambah stamina
  • Memperlicin, mempermulus, dan memperkilap, bulu
  • Mencerahkan dan menegaskan warna bulu
  • Mengobati radang
  • Mengobati stres
  • Mempergemuk burung.

Selain bagi burung kenari, daun dewa juga bermanfaat bagi burung derkuku, merpati, dan perkutut untuk pengobatan penyakit snot dan membangkitkan stamina. Untuk membangkitkan stamina, cara penggunaannya cukup mudah. Bersihkan daun dewa menggunakan air, remas-remas dan jadikan bentuk bulat seukuran biji jagung. Setelah itu, suapkan pada paruh burung.

Anda juga bisa memanfaatkan daun dewa ini untuk pengobatan snot. Apabila setelah berhari-hari, penyakit snot pada burung Anda tidak kunjung sembuh, Anda bisa menggunakan metode stop snot. Walaupun daun ini sangat bermanfaat bagi burung, stop snot memang lebih ampuh dan efektif untuk mengobati penyakit snot pada burung Anda.

Untuk penggunaan pada burung kenari, finch, lovebird, atau parkit, Anda cukup membersihkan daun dewa menggunakan air yang bersih, kemudian menggantungnya di sangkar. Anda bisa memberi makan daun dewa pada burung antara 2 sampai 3 kali seminggu. Jika burung Anda bersuara serak atau memiliki gangguan kesehatan lainnya, berikan daun dewa setiap hari hingga kembali sehat. Selain daun dewa, beberapa daun berikut ini juga bermanfaat untuk kesehatan burung Anda.

  • Daun krokot
  • Daun mengkudu
  • Daun randa tapak.

Sekian sedikit tips yang kiranya dapat membantu Anda untuk memelihara burung Anda. Semoga dengan memahami manfaat-manfaat tersebut, Anda dapat memanfaatkan daun dewa bagi burung Anda. Dengan demikian, diharapkan burung Anda semakin terjaga kesehatannya, semakin terjaga kelincahannya, semakin terjaga kecantikannya, dan semakin terjaga kemerduan kicauannya. Di samping penggunaan daun dewa, Anda juga dapat mencoba penggunaan ketiga daun di atas sebagai pakan tambahan.

2 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Beberapa Manfaat Daun Dewa Bagi Burung Kenari
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas