Menangkarkan burung lovebird
Lovebird

Alasan Kenapa Banyak Orang yang Menangkarkan Burung Lovebird

Beternak lovebird memang menjadi peluang usaha yang sangat meguntungkan. Bagaimana tidak? Jenis burung satu ini memang sedang naik daun diantara jenis burung lainnya, hal ini bisa dilihat dari ramainya peserta lomba burung lovebird yang di adakan di Indonesia. Selain itu Perawatan lovebird juga tidak serumit burung lainnya, sehingga tak heran jika ternak lovebird memang sedang laris manis di pasaran.

Ternak lovebird memang dapat memberikan keuntungan yang cukup besar, apalagi jika benar-benar dilakukan dengan baik. Kegiatan mengasyikkan ini akan menghasilkan untung hingga jutaan rupiah. lalu apa saja keuntungan dari ternak lovebird? Berikut ini penjelasannya.

Perawatannya Mudah

Ternak lovebird

Ternak lovebird

Salah satu kemudahan ternak lovebird adalah perawatannya yang sangat mudah. Umumnya burung ini bisa anda biarkan begitu saja, asal ada sirkulasi udara dan cahaya yang baik yang dapat mebuat lovebird merasa nyaman. Kotorannya tidak berbau, dan bisa dibersihkan 1 kali seminggu. Namun jika ada hal-hal yang tak terduga semisal minuman atau makanan yang tumpah yang bisa menyebabkan bau menyengat, maka akan lebih baik untuk segera dibersihkan agar menjaga kesehatan lovebird.

Minim Tempat

Kandang ternak lovebird

Kandang ternak lovebird

Jika anda ingin berternak ayam atau bebek misalnya, tentu dibutuhkan tempat yang agak luas untuk hewan ternak anda. anmun berbeda dengan ternak lovebird, meskipun sama-sama membutuhkan tempat namun ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan hewan-hewan ternak tersebut. Misalnya saja anda membuat kandang yang berukuran 3m kali 3m, anda bisa memlihara 10-15 pasang lovebird. Yang terpenting adalah sirkulasi udara dan cahaya matahari.

Tidak Perlu Dijemur

Tidak sama seperti burung lainnya, lovebird tidak perlu untuk harus dijemur di bawah sinar matahari. Namun langkah ini memang cukup bagus dilakukan bagi pertumbuhan sehingga bruung bisa mendapatkan vitamin yang berasal dari cahaya matahari maupun hembusan angin sejuk.

Tidak Membutuhkan Banyak Waktu

Ternak lovebird tidak akan menghabiskan waktu anda, menurut pengalaman dari orang-orang yang sudah berternak lovebird hanya dibutuhkan waktu sekitar 1-2 jam seharinya untuk diperhatikan khusus. misalnya saja mengganti air minumnya jika sudah terlalu kotor, membersihkan kandang jika sudah terlalu bau, mengganti makanan , dan lainnya.

Banyak Pilihan Warna

Menangkarkan burung lovebird

Menangkarkan burung lovebird

Lovebird memiliki pilihan warna yang beragam, seperti pastel kuning, hijau, pastel biru, palamas, lutino, blorok, albino, dan masih banyak lainnya. Bagi anda yang masih pemula, anda bisa memilih tahapan awal dengan memilih lovebird palamas, hijau dan pastel kuning yang harga anakannya sekitar di bawah 500 ribu rupiah. Jika anda sudah professional, maka anda bisa menaikkan tingkatan dengan mencoba beternak lovebird yang harga anakannya di bawah 500 ribu.

Menguntungkan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, beternak lovebird memang sangat menguntungkan. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan pemasukan tambahan. Anda juga dapat diuntungkan dengan ukuran tempat yang tidak terlalu besar serta waktu yang tidak banyak terkuras.

Misalnya saja jika anda membeli indukan lovebird dengan harga 500 ribu rupiah dan kemudian menetas 2 ekor. Harga per ekornya sendiri misalnya dihargai Rp 170.000, sehingga jika dikalkulasikan anda bisa mendapatkan Rp 340.000. Apalagi jika satu pasang bisa menghasilkan anakan lebih dari 2 ekor? Tentunya akan semakin banyak lagi keuntungan yang anda dapatkan.

Memang terkadang beternak lovebird tidak akan memberikan hasil yang sesuai dengan harapan, karena ada pengeluaran untuk perawatan burung. Namun dari hal tersebutlah anda bisa belajar menjadi epternak lovebird yang handal agar menghindari dari kesalahan-kesalahan yang sudah dilakukan sebelumnya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda, dan selamat beternak.

2 orang telah memberikan nilai.
Beri Penilaian
Alasan Kenapa Banyak Orang yang Menangkarkan Burung Lovebird
Beri Masukan ke Penulis

Beri Masukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pilihan Editor

Website terbaik khusus untuk kicau mania, temukan bergam infromasi tentang suara burung, perawatan, harga dan tips seputar burung mulai dari murai, kenari, kacer lovebird, cucak ijo dan beragam jenis burung lainnya

Copyright © 2018 Burungpedia.com

Atas